Memilih Proteksi yang Tepat

allianz-tower1Ini cerita saya yang sudah cukup lama. Saya merasa perlu menuliskannya sekarang, sebab cerita ini penting untuk dibaca oleh para calon nasabah yang kurang mengerti mengenai isi polis asuransi yang diambilnya.

Waktu itu saya dikontak oleh seorang kepala keluarga yang bekerja di Delta Silicon, Cikarang, Bekasi. Ia menanyakan sekaligus meminta saran perihal polis istrinya yang sudah 7 tahun di Allianz. Setelah janjian kami pun bertemu di sekitar Lippo Cikarang.

“Ini polis istri saya, Pak, sudah 7 tahun,” bukanya.

Saya buka, proteksinya: Jiwa senilai 70 juta dan satu asuransi tambahan yang memproteksi biaya rumah sakit jika terjadi huru-hara atau kecelakaan. Saya merasa asing dengan produk asuransi tambahannya, dan ternyata memang, produk itu sekarang sudah tidak ada lagi di Allianz.

“Saya sudah menghubungi agen yang dulu urus polis ini, tapi kontaknya sudah off,” katanya.

“Terus terang saya dan istri tidak mengerti isi polis itu. Saya minta saran, apakah polis itu sebaiknya ditutup atau dilanjutkan?” tanyanya kemudian.

“Kalau polis itu ditutup, saya dan istri ingin mengambil lagi polis yang baru yang tepat, sesuai dengan kebutuhan kami,” katanya lagi.

“Menurut Bapak, warisan 70 juta cukup besar?” tanya saya.

“Kalau sekarang nilai 70 juta kecil, Pak. Asuransi tambahannya juga bukan proteksi sakit kritis ya?”

“Betul, Pak.”

Lalu saya daftarkan polis tersebut ke Portal Allianz dan nilai investasinya sekitar 14 juta.

“Sekarang saya serahkan keputusannya sama Bapak,” kata saya.

Setelah diskusi dengan istrinya, akhirnya ia memutuskan untuk menutup polis tersebut dan berniat mengambil polis baru, untuk diri dan istrinya.

“Coba buatkan ilustrasi yang baru untuk saya dan istri, Pak.”

Saya membuatkan beberapa ilustrasi di laptop, sekaligus menjelaskan beberapa alternatif ridernya. Ia sepakat untuk memaksimalkan UP Jiwa dan Proteksi Sakit Kritis (CI100).

Proses penutupan polis tersebut cukup memakan waktu lama. Sebab, ada data yang berubah: nama di KTP lama dengan yang baru berbeda (di KTP lama ada tambahan marga), dan di polis memakai nama dari KTP lama. Untuk menyelesaikan hal itu diperlukan pengisian form perubahan yang ditandatangan oleh nasabah di atas materai, dan melampirkan akta kelahiran. Sayangnya, yang bersangkutan belum punya akta kelahiran yang membuat proses penutupan polis ini memakan waktu sekira 2 bulan dan saya harus datang ke kantor pusat Allianz beberapa kali.

Akhirnya, saya lega. Penutupan polis selesai dan dua polis baru juga selesai, tiga pekan berikutnya. Saya ucapkan selamat kepada dua nasabah ini, karena telah memiliki proteksi yang tepat sesuai kebutuhan. Demikian.

Salam,

Dede Sulaeman
Business Executive
Kontak: 085767622961 (Tlp/WA)
Email desulanakata@yahoo.com

Iklan

Tentang Dede Sulaeman

Business Executive Allianz Star Network [] HP/WA 085767622961 [] Email: desulanakata@yahoo.com [] Tinggal di Cikarang Utara, Bekasi.
Pos ini dipublikasikan di Perencanaan Keuangan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s