Ambil UP Besar, Supaya Tidak Jual Harta

Terbaring SakitIni cerita dari rekan saya di Allianz Star Network (ASN). Saya perlu menceritakannya kembali, karena mungkin berguna bagi banyak orang. Rekan saya punya tetangga di komplek perumahannya. Ia seorang pejabat tinggi negara. Dalam sebuah agenda tidak resmi, rekan saya ini berbincang dengan tetangganya yang sesama ibu-ibu.

Tetangganya ini bercerita hampir tak ada jeda. “Pejabat tinggi deket rumah kita sedang sakit komplikasi. Katanya berobat terus ke Singapura. Hartanya sedang dijual semua. Rumah yang dulu dibeli satu per satu, sekarang dijual juga satu per satu.”

Tetangganya mengatakan, begitulah harta: akan habis pada waktunya.

Menurut pengakuannya, rekan saya menyungging senyum kecil. “Andaikan beliau mengambil asuransi dengan nilai pertanggungan besar untuk cover sakit kritisnya, beliau mungkin tidak harus menjual hartanya. Beliau hanya kurang banyak Uang Pertanggungan (UP) asuransinya. Mungkin terlalu kecil UP asuransinya, jadi terpaksa jual harta.”

Demikian penggalan cerita yang disampaikan rekan saya. Bukan status pejabat tingginya yang menjadi fokus pembicaraan ini. Sejatinya, banyak orang tidak menyadari, kapan seseorang terkena sakit kritis. Bahkan, banyak orang merasa dirinya akan sehat-sehat saja, mengingat ia telah menerapkan pola hidup sehat.

Tapi, risiko sakit kritis datang begitu saja ketika seseorang belum mempersiapkan apa-apa untuk mengcover biaya pengobatan sakit kritis.

Dalam kasus meninggal dunia, hampir semua orang menyadari bahwa semua yang hidup akan meninggal dunia. Karena semua orang tidak tahu kapan akan pindah dunia, maka banyak orang yang tidak menyiapkan warisan untuk orang yang akan ditinggalkan.

Sebagian menunda menyiapkan warisan melalui asuransi jiwa; sebagian lagi merasa tidak perlu menyiapkan warisan. Padahal jika tidak disiapkan, mungkin saja ia mewariskan utang besar, karena sebelum meninggal, seseorang bisa terkena sakit kritis yang dampaknya berutang besar. Terkait ini silakan baca: Pilih Mewariskan Utang atau Uang Banyak?

Pendek kata, saya sebagai agen asuransi, ingin mengatakan, dua hal penting yang perlu diambil dalam asuransi, mengingat dampak keuangannya besar, jika tidak disiapkan sejak sekarang.

Pertama, asuransi jiwa dengan Uang Pertanggungan (UP) besar. Mengapa asuransi jiwa dengan UP besar? Sebab, ketika seseorang pindah dunia, nilai tunai yang besar bisa menjadi bekal bagi keluarga yang ditinggalkan.

Dengan uang besar, istri dan anak-anaknya dapat melanjutkan hidup dengan dengan baik. Istri bisa melakukan usaha dengan modal dari uang warisan, dan anak bisa melanjutkan sekolah dengan normal.

Kedua, asuransi sakit kritis (di Allianz ada CI+ dan CI100, yang direkomendasikan untuk diambil). Sama seperti asuransi jiwa, UP Sakit Kritis pun harus besar. Ini agar ketika terkena sakit kritis, seseorang tidak harus menjual harta. Biaya pengobatan sakit kritis yang tidak kecil, hanya bisa diatasi dengan UP yang besar.

Jadi, ambilah proteksi jiwa dan sakit kritis dengan UP besar sejak sekarang, sejak kita sehat dan muda. Sebab, semakin muda, premi yang harus disetorkan juga semakin kecil.

Gambaran premi dan UP Jiwa dan Sakit Kritis 1 Miliar sesuai usia masuk asuransi bisa dilihat di artikel Total UP 4 M, Premi Hanya 1 Juta.

Demikian. Semoga bermanfaat.[]

Dede Sulaeman
Bussines Executive Allianz Star Network
Kontak: 085767622961 (Tlp/WA)
Email: desulanakata@yahoo.com

Iklan

Tentang Dede Sulaeman

Business Executive Allianz Star Network [] HP/WA 085767622961 [] Email: desulanakata@yahoo.com [] Tinggal di Cikarang Utara, Bekasi.
Pos ini dipublikasikan di Perencanaan Keuangan dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ambil UP Besar, Supaya Tidak Jual Harta

  1. Ping balik: Asuransi Melindungi Nilai Ekonomi Seseorang | ASURANSI JIWA, SAKIT KRITIS, DAN KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s