Asuransi Melindungi Nilai Ekonomi Seseorang

Klaim CISalah seorang yang cukup kompeten untuk menjelaskan asuransi adalah Wira Arjuna, seorang entrepreneur di bidang asuransi, bidang yang sangat disukainya.

Ia menjelaskan bahwa yang dilindungi asuransi adalah nilai ekonomi seseorang dan perasaan tenang. Karena andaikan terjadi suatu risiko fatal pada seorang nasabah asuransi, maka nilai finansialnya akan aman karena sudah ditanggung pihak lain.

Ini penjelasan cerdas yang mampu mengikis pemahaman keliru sebagian orang mengenai asuransi. Banyak orang masih memiliki persepsi begini:

Jika mengasuransikan mobil, maka tidak ada jaminan mobil tidak hilang.

Jika mengasuransikan kesehatan, maka aneh kalau Anda berharap sakit.

Jika mengasuransikan jiwa, maka Anda pasti tidak berharap untuk cepat mati atau hidup terus.

Tiga kalimat keliru itu popular dalam obrolan ringan dan dianggap benar. Padahal sesungguhnya keliru. Jadi, yang dijaminkan dalam asuransi adalah kejadian buruknya, bukan objeknya. Dalam hal ini, yang dijaminkan adalah nilai ekonomi objek tersebut.

Karena itu, jangan salah persepsi: nasib baik, sakit, nyawa dan sebagainya, itu semua urusan Tuhan. Untuk urusan ini, tidak ada seorang pun yang bisa menentukannya.

Saya kutipkan kembali penjelasan Wira Arjuna (2012) untuk menegaskan ini dalam sebuah dialog berikut:

Anda mungkin bertanya, “Lho, bukannya mati itu sesuatu yang pasti? Mengapa bisa diasuransikan?” Ya, matinya itu memang pasti, tapi kapan datangnya, itulah yang tidak pasti dan berada di luar kendali orang tersebut. Jadi, mati mengandung unsur ketidakpastian sehingga insurable (masuk kategori yang bisa diasuransikan).

Menurutnya, dengan syarat-syarat tersebut, asuransi merupakan sebuah bisnis yang risikonya sangat bisa dikalkulasi secara detail sehingga sangat menguntungkan.

Secara ringkas, saya ingin berbagi kepada Anda bahwa asuransi itu memang layak disebut sangat penting, karena ia akan mampu menanggulangi dampak dari risiko besar yang bisa saja datang tanpa Anda duga.

Contoh, seorang kepala keluarga yang memiliki istri dan dua anak. Dari sisi penghasilan dan karier, ia sudah mapan dan ia menjadi tulang punggung perekonomian keluarganya, karena hanya dirinya yang bekerja.

Dari sudut pandang ekonomi, ia adalah aset bagi keluarganya. Karena itu nilai ekonominya harus dilindungi.

Kenapa nilai ekonominya harus dilindungi? Sebab, jika terjadi risiko yang membuat ia tidak lagi produktif menghasilkan uang, maka seluruh ekonomi keluarganya akan lumpuh.

Bahkan, bisa saja aset yang dimiliki keluarga dijual satu per satu untuk membiayai risiko yang menimpa kepala keluarga itu, karena risiko yang dimaksud adalah sakit kritis yang memerlukan pengobatan lama dan mahal.

Pertanyaan berikutnya, jika nilai ekonomi seseorang harus dilindungi, bagaimana cara melindunginya?

Asuransi jawabannya! Jika kita tahu bahwa seseorang bisa saja terkena risiko sakit kritis, maka ambillah proteksi asuransi yang melindungi nilai ekonomi yang disebabkan sakit kritis, tentunya dengan uang pertanggungan (UP) yang besar, karena UP kecil tidak akan banyak membantu ketika risiko sakit kritis benar-benar datang. Baca juga: Ambil UP Besar, Supaya Tidak Jual Harta

Dengan UP besar, ketika terjadi risiko sakit kritis, maka keluarga bisa mengajukan klaim dalam bentuk uang tunai yang besar atau sangat besar.

Uang tunai besar yang diterima keluarga itu memang tidak serta merta bisa menghilangkan sakit kritis seseorang. Tapi, dengan uang tunai besar, seseorang bisa berusaha untuk mengobati penyakitnya dengan optimal dan kebutuhan ekonomi keluarga menjadi terjamin.

Jadi, ambillah segera asuransi sakit kritis untuk menjamin nilai ekonomi keluarga Anda.[]

Dede Sulaeman
Bussines Executive Allianz Star Network
Kontak: 085767622961 (Tlp/WA)
Email: desulanakata@yahoo.com

Iklan

Tentang Dede Sulaeman

Business Executive Allianz Star Network [] HP/WA 085767622961 [] Email: desulanakata@yahoo.com [] Tinggal di Cikarang Utara, Bekasi.
Pos ini dipublikasikan di Perencanaan Keuangan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s