Karena Biaya Hidup Lebih Besar daripada Biaya Kematian

KeluargaBerbeda dengan kelahiran, orang sering menghindari pembicaraan kematian, karena sebagian orang masih menganggapnya tabu.

Faktanya, kematian sangat berkebalikan dengan kelahiran. Jika kelahiran disambut dengan wajah-wajah ceria, kematian hampir selalu diiringi dengan tangis dan sedu-sedan. Keduanya mempunyai perbedaan, sekaligus persamaan.

Menurut pandangan penulis, karena kelahiran seorang anak menimbulkan rasa gembira, maka ia tidak memerlukan asuransi. Karena asuransi sejatinya mempunyai tujuan mengantisipasi dampak dari sebuah musibah, sementara kelahiran bukanlah musibah, melainkan anugerah.

Dan, fungsi asuransi itu untuk berjaga-jaga ketika ada musibah, khususnya musibah yang biayanya berat kalau ditanggung sendiri. Inilah perbedaan kelahiran dan kematian yang paling menonjol.

Lalu, apa persamaannya? Keduanya sama-sama memerlukan biaya.

Proses melahirkan sudah pasti memerlukan biaya yang besarannya ditentukan oleh proses dan tempat melahirkannya.

Melahirkan normal akan lebih murah biayanya dibanding dengan caesar. Melahirkan di klinik bersalin yang ditangani oleh bidan, akan lebih murah biayanya dibanding dengan di Rumah Sakit yang ditangani oleh dokter spesialis kandungan.

Sekali lagi, menurut penulis, meskipun melahirkan memerlukan biaya, kita tidak perlu mengambil asuransi untuk melahirkan, karena bertentangan dengan tujuan asuransi dan premi asuransi melahirkan lebih mahal dibanding dengan asuransi jiwa atau kesehatan.

Kemudian, berapa biaya untuk prosesi kematian? Salah satunya adalah biaya untuk pemakaman. Sebagai contoh, berapa tarif pemakaman resmi di DKI Jakarta?

Menurut Kadis Pertamanan dan Pemakaman DKI Djafar Muchlisin, untuk pemakaman di DKI Jakarta, tidak dikenakan biaya alias gratis. Biaya dikenakan untuk perpanjangannya. Tarifnya mulai dari Rp. 40.000 sampai dengan Rp. 100.000 setiap tiga tahun (baca: Biaya Pemakaman di DKI).

Biaya tersebut terhitung sangat murah. Mungkin keluarga yang ditinggalkan akan mengeluarkan biaya lain untuk prosesi upacara pemakaman dan pasca pemakaman yang besarannya tergantung adat dan agama yang dianut oleh keluarga.

Biaya prosesi kematian, di mayoritas tempat, tidak membutuhkan biaya besar, kecuali di daerah-daerah semisal Bali, dan lainnya. Karena itu, secara umum biaya kematian bisa ditangani oleh keluarga tanpa harus mengambil asuransi.

Tapi berapa biaya untuk orang yang ditinggalkan? Tentu keluarga yang ditinggalkan memerlukan biaya yang tidak sedikit alias besar. Karena itu, seseorang perlu mengambil asuransi, khususnya asuransi jiwa.

Misalnya, seorang kepala keluarga yang menanggung istri dan dua anak, dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Ketika seorang kepala keluarga dipanggil oleh Tuhannya, maka ia akan meninggalkan keluarga yang memerlukan biaya besar untuk kelangsungan hidup.

Istri dan anak-anak memerlukan biaya sandang dan pangan yang selalu naik karena inflasi. Anak-anak memerlukan biaya besar untuk menempuh sekolah setinggi-tingginya.

Pendek kata, orang yang ditinggalkan memerlukan biaya hidup yang cukup besar, ketika suami/ayah meninggal dunia.

Nah, apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala keluarga ketika masih sehat dan produktif? Langkah paling bijak adalah mengambil asuransi jiwa dengan uang pertanggungan (UP) yang besar, setidak-tidaknya 1 Miliar (baca juga: Premi 355 Ribu, UP 1 M). Karena biaya hidup keluarga yang ditinggal mati seorang kepala keluarga lebih besar daripada biaya prosesi kematian.

Dengan begitu, ketika meninggal dunia, secara finansial kehidupan keluarganya tidak akan terlalu terpengaruh, karena ada warisan besar yang ditinggalkan untuk keluarga. Demikian.[]

Dede Sulaeman
Business Executive Allianz Star Network
Kontak: 085767622961 (Tlp/WA)
Email: desulanakata@yahoo.com

Iklan

Tentang Dede Sulaeman

Business Executive Allianz Star Network [] HP/WA 085767622961 [] Email: desulanakata@yahoo.com [] Tinggal di Cikarang Utara, Bekasi.
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Jiwa dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Karena Biaya Hidup Lebih Besar daripada Biaya Kematian

  1. Ping balik: Rider Term Life: Asuransi Jiwa Tambahan yang Ekonomis | AGEN ASURANSI JIWA DAN KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s