Hari Menabung Nasional, Mari Menabung di Tapro

Pemerintah telah mencanangkan Hari Menabung Nasional pada 31 Oktober.

Hal itu bertujuan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berbudaya menabung dalam rangka mendorong peningkatan jumlah dana simpanan serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat.

Sejatinya Indonesia merupakan salah satu dari 20 negara dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) tertinggi di dunia dan menjadi anggota dari organisasi G-20.

Namun sayangnya, rasio menabung di Indonesia masih 30,87% dari PDB. Sementara di negara lain, seperti Tiongkok mencapai 48,87 %, Singapura 46,73% dan Korea 35,11% (Yumiyanti, 31 Oktober 2016).

Menyambut Hari Menabung Nasional sekaligus mendukung pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, kita perlu menabung. Selain mengurangi budaya konsumtif, menabung juga banyak manfaatnya.

Berdasarkan saran perencana keuangan, kita perlu menyisihkan 10% dari jumlah gaji yang diterima setiap bulan untuk menabung.

Tapi, di manakah kita menyimpan uang tabungan itu? Ada beragam cara menabung yang disesuaikan dengan tujuannya.

Sebab, pengertian menabung tidak lagi hanya berarti menyimpan uang melalui perbankan, tapi juga diperluas dalam bentuk membeli polis asuransi, membeli saham dan obligasi lewat perusahaan sekuritas di pasar modal.

Karena itu, menjadi sesuatu yang penting memilih tujuan, sebelum kita memutuskan menabung di mana.

Menentukan tujuan! Apa ya? Saya ingin memberi pandangan mengenai tujuan menabung dan pandangan ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang berposisi sebagai orangtua yang menanggung hidup keluarga.

Salah satu tujuan menabung yang paling penting bagi kepala keluarga adalah menjamin keberlangsungan keuangan keluarga, meski terjadi sesuatu musibah yang tidak diinginkan, misalnya, sakit, kecelakaan, cacat, dan meninggal.

Sebab, jika kepala keluarga mengalami empat keadaan tersebut, maka keuangan keluarga akan terganggu.

Tujuan ini bisa dicapai dengan aneka cara. Seseorang mungkin akan membeli emas dan menyimpan uang melalui deposito. Cara ini tidak menjamin karena bisa saja emasnya dijual lagi, begitu pun deposito yang jangka waktunya relatif pendek.

Atau bisa saja seseorang mengumpulkan aset dengan berinvestasi dan mengembangkan usaha. Tapi cara ini tidak mudah dan tidak semua orang mampu melakukannya.

Ada cara yang paling mudah dan murah yang sesuai dengan tujuan tadi. Apa itu? Yaitu, tabungan dan proteksi atau Tapro. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan tabungan jenis ini, salah satunya Allianz Life Indonesia (Tapro Allianz).

Tabungan dan proteksi biasanya ada dalam satu produk unit link yang fungsinya lengkap – ada tabungan/investasi, fasilitas kartu cashless rawat inap, petanggungan jiwa, sakit kritis, cacat, dan kecelakaan.

Dengan menabung di produk unit link – yang tabungannnya bisa disetor secara bulanan, tiga bulanan, semesteran atau tahunan – kita bisa sekaligus memperoleh banyak manfaat.

Dalam jangka panjang, uang tabungan berupa investasi bisa dijadikan dana masa depan. Dalam hal ini perusahaan akan menyisihkan sebagian dana tabungan nasabah untuk diinvestasikan di instrumen saham, surat berharga, mata uang asing, dan instrumen pasar modal lainnya.

Tapi, yang paling penting lagi dari tabungan dan proteksi adalah perlindungan berupa proteksi jiwa, sakit kritis, kecelakaan, dan cacat. Karena sebagaimana telah saya kemukakan, empat keadaan tersebut akan membuat seorang tulang punggung keluarga tidak mampu lagi menghasilkan uang untuk keluarga.

Jadi, bagi kepala keluarga, sebelum mengambil produk keuangan lain, menabunglah di tabungan dan proteksi dengan uang pertanggungan maksimal (minimal 1 miliar), supaya kelangsungan keuangan keluarga tidak terganggu, sekalipun terjadi musibah berupa empat hal tadi. (Baca juga: Premi 335 ribu, UP 1 M)

Nah, di Hari Menabung Nasional tahun ini, mari menabung di banyak intrumen tabungan, khususnya tabungan dan proteksi (Tapro) yang manfaatnya begitu banyak.[]

Layanan konsultasi GRATIS untuk tabungan dan proteksi (Tapro) dapat menghubungi kami, Agen Asuransi Allianz di Bekasi, Cikarang, dan sekitarnya.

Dede Sulaeman (Business Executive Allianz Star Network)
Kontak: 085767622961 (Tlp/WA) – Email: desulanakata@yahoo.com

Iklan

Tentang Dede Sulaeman

Business Executive Allianz Star Network [] HP/WA 085767622961 [] Email: desulanakata@yahoo.com [] Tinggal di Cikarang Utara, Bekasi.
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan Asuransi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s