Tips Memahami Polis Asuransi

Tak sedikit orang mempunyai polis asuransi, tapi tidak memahami isi polisnya. Jika pun paham, hanya sedikit. Memang wajar sih, sebab membaca buku polis yang tebal mungkin rasanya malas. Belum lagi bahasanya, bahasa hukum yang kaku. Melihat buku polis, kita mungkin akan berkata, “Duh, mumet deh bacanya. Jelasin aja deh yang penting-pentingnya!”

Ya, memahami polis asuransi memang bukan hal mudah. Meski begitu, bagi pemegang polis memahaminya adalah menjadi hal yang sangat penting. Karena polis, seperti bekal yang harus dipegang erat kalau-kalau ada risiko berupa musibah datang.

Nah, di sini kita bisa memahami isi polis berupa hal-hal pentingnya saja. Mari simak tips memahami isi polis berikut.

Pertama, data tertanggung yang akurat untuk kemudahan saat mengajukan klaim di kemudian hari. Di sini kita perlu melihat data tertanggung yang akurat, berupa dokumen yang bersangkutan yang akan diperlukan untuk mengajukan klaim, ketika diperlukan mengajukan klaim.

Kedua, apakah manfaat asuransi dalam polis sudah sesuai kebutuhan? Hal ini penting, karena bisa saja manfaat asuransi yang diambil kurang lengkap atau uang pertanggungannya kurang memadai untuk mencukupi kebutuhan biaya yang diakibatkan oleh risiko yang datang.

Karena itu, sebelum risiko yang ditanggung datang, ada baiknya kita lihat kembali apa saja manfaat asuransi yang diambil dan berapa nilai uang pertanggungan yang sudah diambil. Jika dirasa kurang, mungkin kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan asuransi kita.

Ketiga, hal-hal apa saja yang dibatasi dan dikecualikan dari manfaat asuransi? Ketika agen menyerahkan polis dan polis sudah di tangan, jangan sungkan untuk melihat ulang hal-hal apa saja yang dibatasi dan dikecualikan (kalau ada) dari manfaat asuransi yang kita ambil, sekalian tanyakan juga kepada agen untuk menegaskan hal ini.

Sehingga di kemudian hari, tidak ada kekeliruan pemahaman. Dengan demikian, pemegang polis dan tertanggung tahu betul haknya yang dijamin di dalam asuransi.

Keempat, perhatikan tanggal jatuh tempo serta jumlah premi yang harus dibayarkan supaya polis tetap aktif. Ketika polis sudah di tangan, lihatlah tanggal polis disetujui di buku polis pada halaman-halaman awal dan catat tanggal tersebut di buku catatan atau android kita. Dan, jangan lupa, catat pula jumlah premi yang harus dibayarkan.

Hal ini penting supaya polis dapat terus aktif (inforce) dan dengan polis aktif, maka klaim bisa berlaku. Sebaliknya, kalau tidak memerhatikan ini dan ternyata polis tidak aktif sementara (lapse), ketika nasabah mengajukan klaim, maka klaim tersebut tidak akan dikabulkan, karena polis dalam keadaan lapse.

Dan, untuk melihat status polis dalam keadaan inforce atau lapse, nasabah juga bisa cek di customer portal online dengan mudah. (Lihat: Customer Portal Online)

Kelima, rincian dan besarnya biaya yang dibebankan pada polis. Kemudian, kita juga perlu melihat rincian dan besarnya biaya yang dibebankan pada polis. Biasanya, setiap tahun besarnya beban biaya polis akan meningkat seiring bertambahnya usia tertanggung.

Keenam, pahami prosedur pengajuan klaim. Terakhir, kita perlu memahami prosedur pengajuan klaim. Ini sangat penting, karena prosedur ini akan menentukan dikabulkannya klaim yang diajukan tertanggung. Jika merasa kesulitan, jangan sungkan untuk menghubungi agen yang telah ditunjuk ketika mendaftar asuransi. Demikian, semoga bermanfaat.[]

(Diolah dari www.allianz.co.id)

Layanan konsultasi asuransi GRATIS dapat menghubungi kami, Agen Asuransi Allianz di Bekasi, Cikarang, dan sekitarnya.

Dede Sulaeman (Business Executive Allianz Star Network)

Kontak: 085767622961 (Tlp/WA) – Email: desulanakata@yahoo.com

Iklan

Tentang Dede Sulaeman

Business Executive Allianz Star Network [] HP/WA 085767622961 [] Email: desulanakata@yahoo.com [] Tinggal di Cikarang Utara, Bekasi.
Pos ini dipublikasikan di Seputar Asuransi dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s