Memilih Tapro Allianz: Pertimbangan Perusahaan, Proteksi, dan Investasi

TimeAberrations - TaproJika dibedah, bagaimana tabungan dan proteksi (Tapro) Allianz itu bekerja? Sehingga Tapro memberikan jaminan asuransi berupa proteksi jiwa dan proteksi sakit kritis pada nasabahnya dan memberikan harapan dana investasi, walaupun besaran angkanya tidak dijamin, karena kinerja investasi dipengaruhi banyak faktor.

Secara ringkas, bisa dirumuskan:

Tapro = Reksadana – Biaya

Pertama, bagaimana reksadana di dalam Tapro? Dirumuskan: Reksadana = Many Market Fund + Equity Fund (saham). Dengan many market fund, kita berharap mendapat profit 10%, jika dibandingkan dengan rata-rata bank yang memberikan 7%. Alasan lainnya, karena many market fund bebas pajak, dibandingkan dengan deposito bank yang dikenakan pajak 20%.

Dengan equity fund kita juga berharap mendapat profit rata-rata sekitar 20% untuk jangka panjang. Bahkan harapannya, di tahun tertentu mendapat profit 100%, walaupun patut disadari bahwa di sini ada risiko. Dan alasan lainnya, karena equity fund juga tidak dikenakan pajak.

Lalu, kapan memilih many market fund dan kapan memilih equity fund? Di sini ada prinsip rebalancing fund.

Saat pertama kali menabung di Tapro, semua dana disimpan dalam bentuk equity fund, untuk profit yang maksimum. Misalnya rata-rata profit per tahun 18% atau 20%. Sampai 10 tahun dana itu telah berkembang. Misalnya, dalam dua tahun ke depan nasabah ada rencana mengambil sebagian dana tersebut untuk suatu keperluan. Apa yang harus dilakukan?

Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dalam masa 2 tahun itu, maka dana tersebut harus dipindahkan sebagian ke dalam bentuk many market fund (sekitar 75%). Karena walaupun profitnya 10%, tapi many market fund tidak ada risiko penurunan harga unit.

Sehingga ketika 2 tahun lagi seorang nasabah butuh dana, meskipun equity fund nilainya sedang turun, nasabah tidak akan mengalami kerugian, karena dana yang ditarik berasal dari many market fund, hasil pemindahan dari equity fund sebelumnya.

Kedua, biaya-biaya di dalam Tapro. Biaya-biaya Tapro, yaitu biaya asuransi, akuisisi, dan administrasi.

Biaya asuransi (proteksi)

Misalnya, seseorang menabung di Tapro dengan uang pertanggungan proteksi jiwa 1 miliar, sebagai warisan untuk orang-orang yang dicintai; dan uang pertanggungan proteksi 100 kondisi sakit kritis sebesar 1 miliar, supaya tidak perlu jual harta atau pinjam kepada saudara ketika seseorang terkena risiko ini.

Berapa biayanya? Biaya proteksi jiwa (warisan) dengan uang pertanggungan 1 miliar dan proteksi 100 kondisi sakit kritis dengan uang pertanggungan 1 miliar, pada setiap orang akan berbeda-beda, tergantung usia dan kondisi kesehatan serta pekerjaan, apakah mengandung risiko atau tidak.

Saya contohkan, seorang pria berusia 40 tahun, sehat, tidak merokok, bekerja di dalam ruangan, biaya asuransinya:

(1). Biaya proteksi jiwa sebesar Rp. 229.167 per bulan x 12 bulan = Rp. 2.750.000/ tahun;

(2). Biaya proteksi 100 kondisi sakit kritis sebesar Rp. 407.500 per bulan x 12 bulan = Rp. 4.890.000/ tahun. Dan biaya payor, jika diambil.

Jadi, total biaya asuransinya sebesar Rp. 7.640.000/ tahun. Biaya ini akan naik, seiring bertambahnya usia.

Biaya Asuransi

Biaya akuisisi

Biaya akuisisi adalah biaya operasional perusahaan yang dibebankan kepada premi asuransi (pada premi berkala, tapi tidak pada top up berkala). Di Tapro Allianz, biaya akuisisi berdasarkan tahun polis ditetapkan sebagai berikut:

Tahun ke-

Alokasi Investasi

Biaya Akuisisi

1

25,00%

75,00%

2

60,00%

40,00%

3

85,00%

15,00%

4

92,50%

7,50%

5

92,50%

7,50%

6, dst.

105,26%

0%

Setelah tahun ke-6 dan seterusnya, nasabah tidak lagi dibebankan biaya akuisisi. Di situ ada nilai 5,26% pada 105,26% yang berasal dari selisih harga jual dan beli unit.

Biaya administrasi

Biaya administrasi sebesar Rp. 26.500,- per bulan yang jika disetahunkan menjadi: Rp. 26.500,- x 12 bulan = Rp. 318.000,-. Biaya ini dikenakan mulai ke-13 sejak polis terbit. Artinya, pada tahun pertama biaya administrasi polis gratis.

Setelah membedah ‘isi kepala’ Tapro Allianz, sebagai kesimpulan, ada satu pertanyaan penting, yaitu mengapa perlu menabung di Tapro Allianz? Dalam hal ini ada tiga alasan yang mendasarinya.

Alasan pertama, perusahaannya. Perusahaan Allianz tidak hanya di Indonesia, tapi juga ada 80 negara dan 5 benua dan dana yang dikelola hingga tahun lalu mencapai 1,2 Triliun Euro, dengan melihat perkembangan kinerja keuangannya, hal ini akan terus bertambah. Sehingga dari sisi keuangan, nasabah tidak perlu khawatir dengan proteksi dan investasi yang ambil.

Alasan kedua, uang pertanggungan warisan 1 miliar atau lebih dan uang pertanggungan 1 miliar atau lebih untuk proteksi 100 kondisi sakit kritis. Proteksi keduanya sangat berkualitas. Dari sisi pelayanan dan biaya asuransi yang lebih murah sekitar 30% dibandingkan dengan biaya asuransi lain. Dan perlu diketahui, proteksi 100 kondisi sakit kritis (CI100), setidaknya sampai sekarang, baru ada di Allianz (pada tahun-tahun ke depan, bisa jadi ada di perusahaan lain).

Alasan ketiga, invesasi. Berdasarkan laporan kinerja investasi unit link Allianz, kinerjanya berada di atas rata-rata. Misalnya, many market fund Allianz rata-rata profitnya 10%; sementara rata-rata di pasaran sebesar 7%. Equity fund Allianz rata-rata 20%; sementara rata-rata di pasaran sebesar 16%.

Inilah tiga alasan kenapa Tapro Allianz patut dijadikan sarana perencanaan keuangan Anda, sekaligus memberikan proteksi Anda dan keluarga yang paling pokok dengan uang pertanggungan yang maksimal (minimal 1 miliar), yaitu warisan sampai usia 100 tahun dan proteksi 100 kondisi sakit kritis sampai usia 100 tahun. Demikian.[]

(Artikel ini diolah dari kurikulum training bisnis ASN – busster.net)

Layanan konsultasi asuransi GRATIS dapat menghubungi kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan sekitarnya.

Dede Sulaeman (Business Executive Allianz Star Network)

Kontak: 085767622961 (Tlp/WA) – Email: desulanakata@yahoo.com

Iklan

Tentang Dede Sulaeman

Business Executive Allianz Star Network [] HP/WA 085767622961 [] Email: desulanakata@yahoo.com [] Tinggal di Cikarang Utara, Bekasi.
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan Asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s