Rider Term Life: Asuransi Jiwa Tambahan yang Ekonomis

Rider Term Life

Term Life, Pilihan Tepat Asuransi Jiwa Tambahan bagi Para Kepala Keluarga.
Gambar: allianz.co.id

Seberapa penting asuransi jiwa? Sangat penting, karena salah satu fungsi asuransi jiwa adalah sebagai warisan untuk keluarga tercinta. Bisa saja seseorang mewariskan utang dan bukannya uang untuk keluarga yang ditinggalkan (baca: Pilih Mewariskan Uang atau Utang).

Dan, asuransi jiwa juga sebagai tanda cinta seorang kepala keluarga kepada istri dan anak-anaknya (baca: Tanda Cinta Itu Bernama Warisan).

Karena itu, sangat ideal jika seorang kepala keluarga atau pencari nafkah yang menanggung biaya hidup keluarga untuk memiliki asuransi jiwa dengan nilai uang pertanggungan yang cukup besar.

Kenapa harus cukup besar? Kita perlu mengukur nilai perlindungan jiwa yang ideal. Pertanyaan mendasarnya, apakah jumlah uang pertanggungan jiwa yang telah disiapkan sebagai pengganti nafkah yang hilang akan tetap bernilai terhadap inflasi (penurunan nilai mata uang) dan dapat mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga yang kita cintai di masa depan?

Maka, kita perlu memastikan nilai santunan jiwa yang dimiliki itu dapat mengganti jumlah penghasilan yang hilang selama jangka waktu yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan tiga hal.

Pertama, pendapatan bulanan saat ini. Misalnya, pendapatan bulanan saat ini sebesar 7 juta. Kalau disetahunkan, jumlah pendapatan adalah 84 juta. Maka, nilai asuransi jiwa yang ideal adalah 252 juta (untuk jangka pendek, 3 tahun); dan/atau 840 juta (untuk jangka panjang, 10 tahun).

Kedua, asumsi nilai inflasi ke depan. Jika rata-rata nilai inflasi per tahun 7%, maka kita perlu mempertimbangkan penurunan nilai mata uang dalam satu tahun sebesar 7%, karena penurunan nilai mata uang selalu berdampak pada naiknya harga bahan pokok. Artinya, uang pertanggungan jiwa yang disiapkan harus mampu menutup penurunan nilai mata uang sebesar 7% itu. Dalam hal ini, kita perlu menambah uang pertanggungan jiwa sebesar 7% setiap tahun, sesuai dengan jumlah pendapatan per tahun seseorang. Hal ini supaya kebutuhan ekonomi keluarga bisa tetap normal dengan uang warisan dari asuransi jiwa tersebut.

Ketiga, kebutuhan finansial. Kebutuhan finansial keluarga menjadi pertimbangan khusus lainnya untuk menaikkan nilai uang pertanggungan jiwa seorang kepala keluarga. Jika hari ini anak-anak masih bersekolah di tingkat dasar, maka kita harus memikirkan biaya pendidikan anak ketika masuk SMA atau perguruan tinggi yang tentu biayanya akan lebih besar lagi. Maka, kebutuhan finansial keluarga ini juga perlu dijadikan bahan pertimbangan untuk memutuskan seberapa besar nilai asuransi jiwa yang harus kita miliki.

Umumnya, uang pertanggungan jiwa yang besar akan memengaruhi besaran premi yang harus disetorkan nasabah. Karena nilai uang pertanggungan besar berbanding lurus dengan premi yang juga akan besar.

Tapi, kita tidak perlu khawatir, Allianz life telah mengeluarkan satu produk asuransi jiwa tambahan yang bisa menambah uang pertanggungan jiwa dasar dengan biaya tambahan premi yang ekonomis, karena memang biayanya cukup murah dibandingkan dengan premi asuransi dasar.

Nah, dengan asuransi tambahan (rider) Term Life, keluarga tercinta sebagai ahli waris akan mendapatkan tambahan santunan jiwa jika tertanggung sebagai pencari nafkah meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan.

Asuransi Term Life ini memiliki manfaat perlindungan 100% uang pertanggungan jiwa tambahan, apabila tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan yang akan menambah jumlah santunan jiwa dasar. Dalam hal ini, Term Life akan dibayarkan bersama dengan santunan jiwa dasar.

Term Life juga memiliki masa perlindungan yang tergolong maksimal, yaitu sampai usia tertanggung sebelum mencapai 85 tahun (84 tahun) mendampingi asuransi jiwa dasar sampai usia sebelum mencapai 100 tahun (99 tahun).

Misalnya, seorang tertanggung memiliki polis asuransi jiwa dasar dengan uang pertanggungan 340 juta dan uang pertanggungan Term Life 660 juta (total uang pertanggungan asuransi jiwa: 1 miliar). Apabila tertanggung meninggal dunia pada usia sebelum atau maksimal 85 tahun, maka keluarga tertanggung akan mendapat uang pertanggungan jiwa sebesar 1 miliar.

Saya akan mengilustrasikan asuransi jiwa Term Life yang diambil bersamaan dengan asuransi jiwa dasar untuk: seorang kepala keluarga, usia 30 tahun, bekerja di dalam ruangan, tidak merokok, tidak overweight, dan sehat. Premi per bulan 355 ribu. Berikut ilustrasinya:

Ilustrasi Term Life 2

Ringkasan Ilustrasi Asuransi Jiwa Term Life yang Diambil Bersamaan dengan Asuransi Jiwa Dasar

Keterangan

Ilustrasi Term Life 1 Syarat dan Ketentuan

  1. Usia masuk: 1 – 69 tahun.
  2. Maksimum usia perlindungan: 85 tahun.
  3. Jumlah santunan: Minimum 20 juta hingga maksimum tidak terbatas (dapat melebihi nilai santunan jiwa dasar) dengan mengikuti ketentuan underwriting.
  4. Pengecualian berlaku sesuai syarat dan ketentuan di dalam polis.
  5. Tersedia dalam versi syariah dan non syariah.

Cara Memiliki Term Life

Bagaimana cara memiliki Term Life? Kita terlebih dahulu harus memiliki produk asuransi jiwa yang disediakan oleh Allianz Life Indonesia sebagai polis dasar. Term Life dapat diambil berbarengan dengan asuransi jiwa dasar ketika pertama kali mendaftar asuransi (seperti contoh ilustrasi di atas). Atau bisa juga diambil sebagai tambahan asuransi ketika kita sudah memiliki polis asuransi jiwa Allianz, baik yang syariah maupun non syariah.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsultasikan kebutuhan asuransi jiwa Anda.

Layanan konsultasi asuransi GRATIS dapat menghubungi kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan sekitarnya.

Dede Sulaeman (Business Executive Allianz Star Network)

Kontak: 085767622961 (Tlp/WA) – Email: desulanakata@yahoo.com

Baca Artikel Terkait:

  1. Premi 355 Ribu, UP Jiwa 1 M
  2. Karena Biaya Hidup Lebih Besar daripada Biaya Kematian
  3. Ketika Semua Orang Menyukai Utang
  4. Mana Harus Didahulukan, Asuransi Orangtua atau Anak?
  5. Jangan Menunda, Segerakan Asuransi

 

Iklan

Tentang Dede Sulaeman

Business Executive Allianz Star Network [] HP/WA 085767622961 [] Email: desulanakata@yahoo.com [] Tinggal di Cikarang Utara, Bekasi.
Pos ini dipublikasikan di Produk Unggulan Allianz dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Rider Term Life: Asuransi Jiwa Tambahan yang Ekonomis

  1. Ping balik: APAKAH ANDA SEDANG MENCARI ASURANSI? | AGEN ASURANSI JIWA DAN KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s